Belajar Yii, mulai dari mana?

Pertama kali saya belajar yii, bingung, linglung, kesandung. Saya tidak mengerti harus belajar darimana. Setelah belajar ke sana kemari, akhirnya saya tahu yang pertama dilakukan adalah download dahulu framework-nya :). 
Source code yii dapat di-download di http://www.yiiframework.com/download/.

Setelah mendapatkan file-nya, ekstrak yii ke folder di mana saja, kalau saya sendiri meletakkan di root document server lalu saya namai foldernya dengan nama 'yii'. Berikut isi folder 'yii':

Selanjutnya di root document server saya membuat folder 'yii-web', saya akan membuat aplikasi web di sini. Sebagai ilustrasi, berikut saya berikan contoh folder 'yii-web' yang berada di root document server bersama folder 'yii'.

Dalam folder 'yii-web', buatlah file 'index.php' dan folder 'protected'. Di dalam folder 'protected', buat folder 'controllers'. Di dalam folder 'controllers', buatlah file 'SiteController.php'. Sebagai ilustrasi, berikut contoh struktur file dan folder 'yii-web':



Selanjutnya edit 'index.php' dengan kode di bawah ini:
// include Yii bootstrap file
require_once(dirname(__FILE__).'/../yii/framework/yii.php');

// create a Web application instance and run
Yii::createWebApplication()->run();

Setelah itu edit 'SiteController.php' dengan kode di bawah ini:
/**
 * SiteController is the default controller to handle user requests.
 */
class SiteController extends CController
{
 /**
  * Index action is the default action in a controller.
  */
 public function actionIndex()
 {
  echo 'Hello World';
 }
}

Setelah itu, buka halaman http://localhost/yii-web. Akan ditampilkan 'Hello World' dari aplikasi kita. Untuk saat ini demikian dulu artikel tentang yii,  artikel lain akan segera menyusul.

PHP Mahir, Mahirin skill PHP lo!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memiliki tanggapan dan pertanyaan silakan isi form komentar berikut, kami akan menjawabnya segera. :)