Sam dan MQ (Part 2)



Setelah berpikir cara paling efisien mengubah programnya, Dalam konsep Sam, setiap halaman akan mengakses modul otentifikasi, misal otentifikasi(username,password,modul_halaman). Dengan cara itu, nantinya modul otentifikasi akan mencatat log dari setiap pengaksesan dirinya dari modul halaman tertentu.

Setelah 2 hari ngoding dan 6 kali minum aspirin, akhirnya kode dalam modul otentifikasi dan kode dalam setiap modul halaman telah diubah dan berjalan dengan baik. Bos Sam sangat senang dengan kinerja Sam yang cepat dan efisien.

Esoknya sang Bos meeting dengan petinggi nokia untuk membicarakan pembuatan aplikasi mobile dari web perusahaan Sam. Setelah meeting, bos Sam meminta sesuatu kepada Sam.

"Sam, tadi Pak Narenda setuju untuk membuat aplikasi windows phone dari web kita. Tolong dong kamu buatkan web service untuk otentifikasi dari aplikasi dia ya. Nanti aplikasi dia bakal mengirim username dan password, kamu harus otentifikasi. Jangan lupa catat juga lognya ya, buat data mining."

Sam hanya mengangguk kemudian dia merenung. begini renungan dia:
"Hari ini windows phone, besok mungkin android. Dua minggu lalu di meeting sempet bahas kemungkinan bakal ada aplikasi internal perusahaan pake C#.net dengan otentifikasi dari database web perusahaan. Kalo ada tambahan aplikasi atau device baru, masa gue harus ubah koding modul otentifikasi? Masa gue juga harus buat interface baru buat tiap device? Ada gak sih solusinya?"

Bagaimana caranya supaya si Sam bisa menghandle banyak bahasa pemrograman tanpa membuat banyak interface?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memiliki tanggapan dan pertanyaan silakan isi form komentar berikut, kami akan menjawabnya segera. :)