Mengaktifkan Menu Hibernate Ubuntu 14.10


Sering kali kita sedang bekerja dengan banyak program yang terbuka lalu harus mematikan laptop karena akan pergi ke tempat lain. Jika komputer dimatikan, maka nanti kita harus membuat lagi satu per satu program yang dibutuhkan, cukup melelahkan.

Di Ubuntu 14.10 ada menu suspend yang akan membuat laptop dalam keadaan stand by, namun listrik tetap mengalir ke RAM, ini akan mempertahankan memori yang sekarang berjalan. Namun kelemahannya jika baterai habis maka komputer akan mati dan seperti biasa, kita harus menyalakan lagi program yang dibutuhkan satu per satu.

Cara paling aman adalah menggunakan fungsi hibernate. Hibernate akan membuat laptop mati sepenuhnya, namun data pada RAM akan disimpan di SWAP, di harddisk sehingga tidak diperlukan listrik untuk mempertahankan data memory. Tidak perlu lagi takut akan kehilangan baterai.

Sebelum menyalakan menu hibernate, buka terminal kemudian cobalah perintah hibernate berikut:

sudo pm-hibernate
Jika laptop berhasil mati dan dapat dinyalakan kembali dengan program yang sama masih terbuka, maka laptop kita bisa menggunakan menu hibernate. Jika tidak bisa, cobalah cek swap dulu, pastikan swapnya lebih besar dari ukuran RAM.

Untuk mengaktifkan menu hibernate di menu atas, cari bagian hibernate kemudian ganti nilai ResultActive jadi yes.


Setelah itu restart laptop kita, maka akan terlihat menu hibernate di dekat menu shutdown.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika Anda memiliki tanggapan dan pertanyaan silakan isi form komentar berikut, kami akan menjawabnya segera. :)